Selamat Datang di web Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir

TINGKATKAN LITERASI, MAHASISWA DILATIH MAHIR MENULIS ARTIKEL ILMIAH

Blog Single

Yogyakarta – Untuk meningkatkan kualitas publikasi karya ilmiah mahasiswa pada prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IQT), peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilatih menulis artikel ilmiah. Publikasi karya ilmiah mahasiswa dengan judul yang relevan dengan program studinya akan dapat menambah nilai dalam akreditasi. Demikian yang disampaikan Dekan fakultas Ushuluddin Dr. H. Ahmad Atabik, , Lc., MSI dalam kegiatan Penutupan PPL Prodi IQT di Pondok Pesantren Mahasiswa Lingkar Studi Al-Qur’an (LSQ) Ar-Rohmah Yogyakarta (Selasa, 30/08/2022).

“Sudah sepantasnya adik-adik mahasiswa ini bersyukur, bisa mendapat kesempatan belajar di pesantren LSQ Ar-Rohmah ini, diterima dengan baik dan bahkan diajari serta dibimbing untuk menulis artikel ilmiah. Rencananya artikel-artikel karya ilmiah tersebut nanti akan dipublikasikan dalam bentuk buku seperti pada kegiatan PPL yang sebelumnya.” tegas Dr. H. Ahmad Atabik, , Lc., MSI.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, S.Ag., M.Ag, selaku Pengasuh Pesantren LSQ Ar-Rohmah Yogyakarta menyampaikan bahwa apa yang telah diraih mahasiswa dalam melakukan PPL di  pesantren LSQ Ar-Rohmah ini semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi mahasiswa untuk lebih mampu dalam membudayakan menulis artikel ilmiah. “Dengan terbiasa menulis, nanti adik-adik mahasiswa otomatis akan berkembang pola pikirnya, pendapatnya dan juga idenya. Tentunya mahasiswa juga akan otomatis semakin akrab dengan kepustakaan.” ujar beliau.  

Kegiatan PPL di pesantren LSQ Ar-Rohmah ini diikuti oleh 30 mahasiswa dari program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT) yang terbagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok dilatih untuk menulis artikel ilmiah selama satu minggu di pesantren LSQ Ar-Rohmah Yogyakarta ini.

Kegiatan PPL yang sudah dimulai sejak tanggal 18 Juli 2022 ini diakhiri pada hari Selasa, 30 Agustus 2022 melalui acara Penutupan PPL program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT) dan dihadiri oleh Dekan fakultas Ushuluddin serta perwakilan dosen pembimbing dan tenaga kependidikan dari fakultas Ushuluddin IAIN Kudus.

Share this Post: