Selamat Datang di web Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir

Belajar Psikologi Qurani, Mahasiswa IQT Berkunjung ke FUHUM UIN Walisongo

Blog Single

        Selasa 30 Juni 2023, mahasiswa semester 6  Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir (IQT) Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri Kudus melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan melakukan kunjungan ke Fakultas Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Kegiatan PKL mahasiswa yang diikuti sebanyak 35 mahasiswa dan mahasiswi, terbagi menjadi dua kelompok masing-masing dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Shofaussamawati, M.S.I dan Abdullah Hanapi, M.Hum yang bertugas melaksanakan pengawasan dan pembimbingan kepada mahasiswa selama kegiatan PKL. Pemberangkatan mahasiswa untuk kegiatan PKL bertempat dari IAIN Kudus pada hari selasa dimulai pukul 06.00 pagi untuk melaksanakan serangkaian acara yang dimulai pukul 09.30 WIB-selesai  bertempat di Lantai 2 FUHUM UIN Walisongo Semarang.

          PKL mahasiswa IQT IAIN Kudus mengusung tema “Psikologi Qur’ani: Pendekatan Psikologi dalam Studi Tafsir” sebagai pembicara yaitu Prof. Dr. Hasyim Muhammad, M.Ag sekaligus Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang. Kunjungan mahasiswa PKL, DPL, Dekan, dan Staf Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus disambut oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. Hasyim Muhammad, M.Ag,  Wakil Dekan 1 Dr. H. Sulaiman M.Ag, Wakil Dekan 2 Rochmah Ulfah M.Ag, Wakil Dekan 3 Dr. H. Safii, M.Ag, Ketua Jurusan/Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir FUHUM UIN Walisongo Mundhir, M.Ag, dan Sekretaris Jurusan M.Syihabuddin, M.Ag serta jajaran Fakultas yang juga memberikan arahan terkait kunjungan mahasiswa PKL yang sekaligus memimpin rangkaian acara yang dimulai pada 09.30 WIB bertempat di aula FUHUM UIN Walisongo Semarang. Dr. H. Ahmad Atabik Lc, M.S.I Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus hadir dalam sambutannya menyampaikan "melalui kegiatan PKL ini mahasiswa diharapkan akan mendapatkan wawasan dan pengalaman baru yang bermanfaat di kemudian hari oleh karena itu supaya diikuti oleh mahasiswa dengan khidmat, kunjungan ini tentunya juga merupakan silaturahmi ilmiah diantara Prodi Ilmu al-Quran dan Tafsir".

            Prof. Dr. H. Hasyim Muhammad, M.Ag, sebagai narasumber dan Dekan FUHUM UIN Walisongo menyampaikan terkait materi Pendekatan Psikologi dalam Penafsiran al-Quran dalam beberapa poin sebagai berikut yaitu “Jika ayat didekati dengan pendekatan psikologi maka diharapkan dapat melakukan tafsir berdasarkan obyeknya, dimana pesan moral bagi seseorang disesuaikan dengan kondisi masing-masing yang pasti berbeda. Perbedaan latar belakang seseorang seharusnya menjadikan pemahaman terhadap al-Quran juga tidak mungkin disamakan, hal ini dapat disimpulkan jika terjadi pemahaman maka semuanya dikembalikan kepada kepribadian (mufassir). Oleh karena itu Pendekatan Psikologi dalam penafsran pada prinsipnya menyasar kepada individu bukan masyarakat secara luas dengan asumsi penyelesaian masalah di masyarakat hanya bisa dilakukan dan dimulai melalui individu”.

           Rangkaian acara PKL mahasiswa diteruskan dengan diskusi dan tanya jawab seputar tema PKL, dan selanjutnya ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta kegiatan. Dosen Pembimbing Lapangan menambahkan “harapan dari kegiatan ini adalah mahasiswa memperhatikan pentingnya kegiatan PKL yang dilaksanakan sejak awal disamping memiliki bobot 3 SKS, setelah PKL setiap mahasiswa segera membuat laporan indvidu dan  kelompok terkait PKL yang dilaksanakan mengingat adanya kegiatan lain setelah PKL yang akan dilaksankan” sebagaimana hal disampaikan sebelumnya oleh DPL pada acara kordinasi PKL dengan mahasiswa.

Share this Post:

Galeri Photo