Selamat Datang di web Prodi - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi

Dalam Sehari, Tim IAIN Kudus Kunjungi 4 Lembaga Bergengsi di Rabat, Maroko

Blog Single

Dalam rangka mengenalkan IAIN Kudus lebih luas di kancah internasional, Tim Muhibah Akademik IAIN Kudus yang diketuai oleh Rektor, Prof. Abdurrohman Kasdi, dengan peserta Ketua Senat, Dr. Jaenal Arifin, M.Ag., Sekretaris Senat Prof. Umma Farida, Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. Ahmad Atabik, Dekan Fakultas Tarbiyah Prof. M. Nur Ghufran dan Kepala Pusat Hubungan Kerja Sama Internasional, Dr. Fauzan Adim, M.A., pada Kamis, 9 November 2023 secara marathon melakukan kunjungan ke 4 (empat) lembaga, baik pemerintah maupun non-pemerintah Maroko, guna mengenalkan dan menyosialisasikan lebih jauh dan luas tentang IAIN Kudus di tingkat internasional.

Empat lembaga dimaksud adalah, pertama, ISESCO, sebuah organisasi yang menggabungkan lebih dari 50-an negara-negara Islam atau negara-negara yang mayoritas berpenduduk muslim dan bergerak di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya yang memiliki kantor pusat di ibu kota Maroko, Rabat. Di ISESCO Tim IAIN Kudus diterima oleh Mr. Omar Hamid, Head of Division, Strategic Partnerships, Sector of Partnerships and International Cooperation dan para staf.

Kedua, Ar-Rabithah Al-Mohammedia lil Ulama, sebuah organisasi yang mengumpulkan para cendekiawan muslim Maroko yang memfokuskan kajiannya pada tema-tema dan isu-isu kontemporer tentang ke-Islaman dan kemasyarakatan. Pada pertemuan dengan pihak Arrabithah ini Tim IAIN Kudus disambut oleh Mr. Mohammed Montar, Ketua Pusat Kajian Alquran.

Ketiga, Pertemuan dengan Direktur Perpustakaan Nasional Maroko (al-Maktabah al-Wathaniyah al-Maghribiyyah) Mr. Mohammed Farrane, dan keempat adalah silaturrahim dan sharing pengetahuan dengan al-Majlis al-Ilmi al-A'la, organisasi tempat berkumpulnya para ulama di Maroko yang memiliki tugas di antaranya membimbing dan mengarahkan umat muslim Maroko tetap dalam koridor pemahaman ke-Islaman yang menjunjung nilai-nilai wasathiyah (moderasi), tasamuh (toleransi), dan saling menghormati. Pada kesempatan silaturrahim ini, Tim IAIN Kudus diterima langsung oleh Ketua Umum al-Majlis al-Ilmi al-A'la, Syaikh Mohammed Ysef dan puluhan ulama Maroko.

 

Share this Post:

Galeri Photo