Prodi IQT IAIN Kudus Mengadakan The Qur'anic Fest 2024

Blog Single

Kudus,  17 Juli 2024 Quranic Fest 2024 kembali digelar. Dalam pagi itu, secara tatap muka mempertemukan para finalis setelah melalui tahap seleksi secara online pada tanggal 12 Juli 2024. Terdapat 3 finalis yang bertanding disetiap 3 cabang lomba. Uniknya, keseluruhan finalis tersebut berasal dari perguruan tinggi yang berbeda-beda. Bahkan, terdapat dari provinsi Riau yang diwakili oleh kontingen dari UIN Sultan Syarif Kasim (UINSUSKA).

Ulfah Rahmawati M.Pd.I, Ketua Program Studi (Kaprodi ) membuka event seraya memberikan semangat dan selamat kepada para finalis karena telah menapaki perjuangan penyisihan hingga mencapai babak final. "Selamat kepada kalian semua para finalis. Kalian adalah yang terbaik diantara yang terbaik. Sebuah anugerah besar bisa berada dititik ini", ujarnya.

Adu babak final resmi dibuka dan dimulai pada pukul 09.30 WIB. Ketiga cabang lomba yang difinalkan adalah Karya Tulis Ilmah (KTI), Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), dan Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ). Ketegangan dan keseriusan nampak menyesaki setiap jengkal ruangan perlombaan. Senada, profesionalitas dan objektifitas menjadi tuntutan penilaian terhadap dewan juri. Meski demikian, sportifitas tetap terjaga diantara mereka.

Dan, hasil babak final quranic fest 2024 menyatakan para pemenang dari 3 cabang lomba sebagai berikut:pertama, Cabang lomba MTQ dengan Juara 1 : Roy Mahendra / STIT Muhammadiyah Lumajang,  Juara 2 : Meutya Zein Ummul Khafidza / Universitas Brawijaya dan Juara 3 : Arif Hidayat / Universitas Buana Perjuangan Karawang. Cabang lomba kedua yaitu MHQ, perolehan Juara 1 : Rahmatul Fitriyah / Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Juara 2 : Khaizatuz Zauria / UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Juara 3 : Siti Rani Yelfera / Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Adapun cabang lomba ketiga yaitu Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan Juara 1 diraih oleh Yohana Novita Sari dan Tubagus Nauval Ramadhan dari UIN Saizu Purwokerto,  untuk Juara 2 : Marsya Putri Arafat, Nur Anisah Nasution dan Pinta Rezeki H. dari UIN SUSKA Riau, Juara 3 : Always Nailun Najah, Wafda Ahmad, Muhammad Najih Shobihi dri IAIN Kudus.

Dr. Abdul Karim, SS., M.A. Wakil Dekan 1 Fakultas Ushuluddin yang turut hadir pada acara tersebut mengapresiasi semua pihak dan mengharapkan,  semoga Qur'anic Fest kedepannya mampu menjangkau lebih luas lagi. "Kita harapkan semoga HMPS IQT IAIN Kudus dengan event Qur'anic Fest kedepannya mampu menjangkau lebih luas nasional secara menyeluruh atau bahkan menjajaki internasional", pungkasnya. Acara kemudian ditutup dan diakhiri dengan doa.

Share this Post1: